Jun 22, 2016

PURBASARI Matte Lipstick in 83, 87, 86 (Pirus, Zamrud, Topaz)

Produk lipstick dalam negeri ini layak mendapat pujian atas kualitasnya.

  
Banyak pembahasan mengenai produk dalam negeri yang sedang hype ini, mulai dari positive review beberapa beauty blogger ternama hingga stock warna-warna favorit yang selalu habis di pasaran. Purbasari, official website, adalah brand dalam negeri Indonesia yang sebelumnya sudah terkenal akan produk perawatan kulitnya. Pada pertengahan 2015 lalu, mereka mencoba memasarkan varian lipstick matte yang mereka namakan 'Purbasari Matte Lipstick'. 

Purbasari Matte Lipstick ini dikemas dalam kemasan square-tube yang ramping dan sekilas terlihat mirip dengan kemasan 'Chanel Rouge Coco Shine' namun dengan ukuran yang lebih kecil. Terdapat logo tulisan 'Purbasari' tergrafir di tubenya; packaging-nya terkesan mewah dengan kualitas tube yang tebal dan kokoh ditambah perpaduan hitam dan emas. Kalian dapat mengetahui varian warna lipstick yang ingin digunakan dengan mengecek nomor warna di bagian dasar tube; warna-warna Matte Lipstick ini disortir dengan penomoran angka 81-90 dan menggunakan nama-nama batu permata seperti Safir, Zamrud, dll. Kisaran harga dari IDR 29.000 hingga 40.000 (tergantung penjual), memiliki berat bersih 4gr dan memiliki 10 varian warna. Berikut sedikit penjelasan dari website Purbasari:
So flattering! A beautiful pigmented matte formula for fullbodied velvety and luscious lips, that stays-true color that lasts all day - and night. The hydrating formula keeps lips hydrated and protected.Purbasari Lipstick Colour Matte is available in 10 different colours.[4gr]
PHOTOS
Lipstick ini dikemas dalam boks kertas dengan keterangan nomor produk, info produk dan bahan produk. Berikut keterangan yang tertulis pada boks kertas:
"INOVASI TERBARU DENGAN PELEMBAB"
- Tahan lama dan tidak mengkilap
- Terasa ringan pada bibir Anda
- Melembabkan bibir
- Warna tidak pudar sehingga penampilan Anda akan tetap segar
Lipstick ini dibuat oleh PT Gloria Origita Cosmetics untuk PT Cosmar. No. POM dan masa kadaluarsa produk ini juga tercantum di kemasan boks.

83 PIRUS & 87 ZAMRUD
Seperti yang terlihat di foto atas, Lipstick Matte ini memiliki tekstur yang matte dan tidak mengkilap. Dalam variannya, Matte Lipstick ini memiliki 10 varian warna dari nomor 81 - 90 yang dinamakan dengan nama batu permata. Berikut swatch 10 varian warna (yang paling mendekati warna aslinya) diambil dari youtube Purbasari dan swatch Lindakayhz. Mayoritas warna Purbasri Matte ini bervariasi mulai dari cokelat-nude, magenta-pink, orange hingga merah maroon.
Untuk swatch 2 warna yang pertama, 83 Pirus dan 87 Zamrud. 83 Pirus adalah warna cokelat dan merah dengan tone hangat, mirip dengan warna mahogany atau oxblood. 87 Zamrud adalah warna merah-keunguan yang mirip dengan warna wine; Zamrud memiliki warna dasar merah yang lebih dominan ketimbang perpaduan ungunya dan termasuk tone dingin. Kedua warna ini terlihat anggun dan elegan untuk ukuran warna bold.

Walaupun dua-duanya sama sama memiliki tekstur matte atau bebas kilap, namun dari segi tekstur tidak persis sama; 83 Pirus memiliki tekstur yang lebih melembapkan dan rata ketimbang 87 Zamrud. Saya menyebut tekstur 83 Pirus sebagai 'Flat-matte' sedangkan tekstur 87 Zamrud lebih cocok disebut 'Dead-matte' seperti contoh perbandingan di bawah; permukaan 87 Zamrud tidak serata 83 Pirus.

Kedua lipstick matte ini tidak memiliki wangi, namun untuk 87 Zamrud memiliki partikel glitter halus yang dapat tertangkap mata telanjang terutama bila terkena cahaya matahari langsung. Formula 83 Pirus lebih melembabkan ketimbang 87 Zamrud, namun bukan berarti 87 tidak melembabkan hanya saja partikel glitter yang terkandung didalamnya membuat tekstur 87 lebih 'keras' saat dioleskan dan membutuhkan olesan berulang kali untuk menghasilkan warna yang rata. Kedua warna ini meninggalkan bekas warna apabila digosok.
Berikut foto swatch langsung di bibir dengan menggunakan 87 Zamrud.

Berikutnya, shade no 86 Topaz; warna Orange-cokelat hangat dengan tekstur moisturizing-matte. Walaupun warna orange terlihat mencolok, namun perpaduan warna orange dan cokelat ini terlihat modest untuk digunakan sehari-hari dan terasa lebih melembabkan dibandingkan 2 warna sebelumnya. Saya menyebut tekstur ini moisturizing-matte karena tekstur 86 Topaz ini lebih melembabkan dan tidak membuat bibir terasa kering.

Secara keseluruhan, 3 warna yang sudah dibahas sebelumnya adalah matte, namun tiap warna memiliki variasi matte yang berbeda satu sama lain;  83 Pirus terasa flat-matte, 86 Topaz terasa moisturizing matte sedangkan 87 Zamrud terasa dead-matte (matte yang membuat bibir terasa kering). Selain itu, 87 Zamrud memiliki partikel glitter yang sangat halus dan hanya bisa terlihat jika dilihat dibawah sinar matahari langsung; (mungkin) partikel glitter ini yang membuat 87 Zamrud terasa lebih kering dibanding 2 warna lainnya.

Seluruh warna ini tahan air dan kiss-proof, dapat bertahan sekitar 4 jam, meninggalkan noda warna dan memiliki pigmentasi yang opaque yang mampu menutupi permukaan bibir dengan sempurna. Berikut swatch 3 warna Purbasari matte.

SWATCH 83, 86, & 87

My Verdict?
Bagaimana menurut kalian? Walaupun sudah banyak beauty blogger Indonesia yang membahas brand cetar-membahana ini (haha) namun setelah penelusuran lebih lanjut, saya baru tahu kalau tekstur Purbasari matte pun dapat bervariasi juga. Favorit saya dari segi warna adalah 87 Zamrud (karena mengingatkan dengan beauty-look nya Emily Loke) kemudian dari segi tekstur 86 Topaz karena teksturnya yang paling melembabkan dibanding warna lain. Namun, seperti yang banyak dibahas beauty blogger Indonesia: kualitas stik/batang lipstick-nya atau tube-nya perlu ditingkatkan! Saya harus berlegowo dengan kondisi batang lipstick 87 Zamrud yang lepas dari dudukannya :(  Overall, untuk kualitas produk dibawah Rp. 50.000,- ini harus saya akui memuaskan. Saya pribadi berencana memburu warna populer 81 dan 90 yang selalu habis di toko-toko dan membuktikan kepopuleran warna nude tersebut. Apakah brand lokal ini juga menjadi favorit kalian?

4 comments:

  1. Topaz diaku kok jadinya hit orange ya yun?? nice review yun.. kamu selalu lengkap kalo nulis blog^^
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you, mbak Dine :) Mungkin tergantung tone kulit ya? Kulitku kan cenderung medium-dark jadinya warna Topaz malah gak keliatan orange banget

      Delete
  2. Hi mbak thanks reviewnya. anyway im wearing Topaz and it look likes Terracotta shade. beda shade antara Pirus dan Topaz itu apa ya? soalnya based warnanya sama sama cokelat. tq.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai dear, kalo menurut pengamatan aku, walaupun sama-sama memiliki brown-based tapi Pirus cenderung memiliki hint red/maroon sedangkan Topaz punya hint Orange (jadi warnanya lebih 'hangat' dari Pirus)
      Selain itu, menurutku tekstur Topaz lebih creamy dari Pirus

      Semoga membantu ya :)

      Delete



blogger template by lovebird