Apr 2, 2015

ILLUMINARE: Skin Brightening Serum

I have to admit: I am a negligent skin-care person.

Updated!
I was mistakenly thought that the store where I bought the product is 'Century', so I'm gonna revised this post to avoid further misuderstanding. Gomen nee!

When it comes to skin care I've been known for sluggish person. Namun, begitu usia sudah menginjak usia 20an senja *gya*, perawatan kulit terasa semakin dibutuhkan demi menjaga dan memperbaiki kondisi kulit wajah yang mulai berkurang keremajaannya. Pertama kali mengenal produk Illuminare ini karena (jujur) tergoda embel-embel "Made in Japan" dari SA Century. SA tersebut mengatakan Illuminare adalah produk perawatan kulit buatan Jepang yang diformulasikan dan dibuat khusus untuk Pharos Indonesia, produsen obat-obatan dan kosmetik terkenal di Indonesia, dan distribusikan khusus pula untuk Century Indonesia.

Illuminare terdiri dari rangkaian perawatan kulit wajah seperti Facial Lotion, Facial Serum, Dark Spot Treatment dan Facial Foam yang dirancang khusus menggunakan teknologi Jepang dengan mengambil esens dari Mata Air alami pegunungan Rokko di Jepang. Agak sulit untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai produsen Naris Indonesia atau produk Illuminare itu sendiri. Namun untuk mengenal lebih jauh tentang produsen Illuminare, kalian dapat membaca official website produsen Naris Cosmetics Japan. Serum ini dijual seharga IDR 105.000 di beberapa counter Century di Indonesia dan memiliki berat bersih 30gr (bukan ml).

Illuminare Skin Brightening Serum
Carefully made using natural spring water from Rokko Mountain in Japan.
Contains Hyaluronic Acid, Vitamin C and Alpha Arbutin.
Infuse your skin with vital nutrients it need to enhance skin regeneration activity.
How to use:
Take an appropriate amount (2-3 pumps) and apply onto cleansed face and neck area, massage lightly and evenly.
Caution: 
Stop usage if irritation occurs. Do not apply on open cut. Keep at room temperature.

Containing: Apple Extract, coix-lacryma seed, Vitamin C, Alpha Arbutin, Pomegranate extract & Hyaluronic Acid. With non-mineral oil.

PHOTOS

Rangkaian lengkap Illuminare yang terdiri dari Lotion, Serum, Dark Spot Treatment & Facial Wash

Illuminare Serum ini dikemas dalam botol plastic-pump yang didominasi warna Putih-Biru Muda yang sangat chic. Botol plastiknya sendiri sangat kokoh (baca: tahan banting) dan travel-friendly. Informasi di kemasannya tertulis dalam 3 bahasa Inggris, Jepang dan Indonesia mencakup metode penggunaan, informasi bahan dan produsen/importer produk tersebut. FYI, Produk ini diproduksi khusus oleh Naris Cosmestics Co., Ltd. di Osaka, Japan lalu didistribusikan/diimpor langsung oleh PT Pharos Indonesia. Selain itu, produk ini juga mencantumkan tanggal kadaluarsa (expired date), keterangan berat bersih 30g dan tidak diragukan lagi produk ini "Made in Japan".

SWATCH
Tekstur produk ini cair namun sedikit kental berwarna bening-keruh tetapi mudah meresap kedalam kulit. Memberikan sedikit efek 'dingin' ke kulit namun akan hilang seketika diusapkan ke kulit wajah. Tidak meninggalkan bekas atau rasa lengket seperti kebanyakkan serum wajah dan memiliki wangi yang menenangkan. Yes, wanginya sangat lembut dan flowery sehingga saya sangat sukaaa dengan wanginya.

Seperti yang kamu lihat, foto di atas menunjukkan swatch produk tersebut di bagian punggung tangan. Setelah diusapkan, produk tersebut meresap dengan baik dan tidak meninggalkan bekas di permukaan kulit. Begitu pula dengan swatch pada kulit wajah di foto bawah, produk ini tidak meninggalkan bekas dan tidak merusak make-up ^.^

Blush-on saya tidak luntur atau berantakan walaupun dioleskan Serum Illuminare

My Verdict?
Sudah 2 minggu ini saya (on-off) menggunakan Illuminare serum ini. Untuk saat ini saya katakan belum ada perubahan yang signifikan, ditambah 1 minggu yang lalu kulit wajah saya sempat terbakar sewaktu hiking gunung Batur >.< sehingga manfaat produk ini tidak bekerja maksimal. Pada pandangan pertama, saya jatuh cinta dengan harum/wangi serum ini: wangi bunga yang lembut namun tidak terlalu "girly". Selain itu, tekstur serum ini mudah meresap ke dalam lapisan kulit tanpa menyebabkan kulit wajah berminyak atau lengket.
Kemasan produk ini sangat praktis ketimbang serum perawatan lainnya yang mengutamakan "kemewahan" dalam strategi pengemasan produk mereka yang seringkali menggunakan wadah gelas/kaca. Selain itu, saya juga menggunakannya bersamaan dengan Hada Labo Moisture packs dan thank God tidak menyebabkan efek samping ke kulit wajah saya. Dari segala kelebihan diatas, manfaat dan formula produk inilah menjadi unggulan mereka dengan mengekstrak manfaat mata air pegunungan Rokko di Jepang dalam mencerahkan kulit wajah. Jadi apa keunggulan produk Illuminare ini dibanding yang lain? Illuminare membantu untuk mencerahkan kulit wajah dengan meningkatkan regenerasi kulit kita agar mendapatkan rona kulit yang alami. Sehingga saya dapat ambil kesimpulan bahwa produk perawatan wajah yang baik adalah produk yang membantu regenerasi kulit agar mendapatkan kulit wajah yang merona sehat. Untuk review mengenai produk Naris lainnya silakan cek disini. Bagaimana pendapat kalian? Apakah kalian sedang menggunakan perawatan wajah seperti ini juga?

67 comments:

  1. Look like a good product
    Thanks foryour review
    xx

    www.sakuranko.com

    ReplyDelete
  2. Aku mau tanya dong, kamu beli illuminare di guardian daerah mana ? Karena aku cari ga ada, thanks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin beli di Guardian Pacific Place, Jakarta, waktu itu juga pernah lihat di Guardian sekitaran Sudirman, Jakarta. Mungkin bisa contact Twitter Guardian lgsg untuk stock nya.

      You're welcome

      Delete
    2. Kalo mau beli produk illuminare di toko obat apotek century ada kok kak, saya kalo beli juga disitu.
      kalo enggak coba cek di aplikasi nya aja, bisa beli online.. di google play store kak.
      saya juga udah coba kemarin

      Delete
    3. Kalau mau mudah, pergi aja ke apotek century di mall mall kecil. Contohnya century seasons city gitu. Ga bgtu rame jdi barangnya ga mudah sold out.

      Delete
    4. Gmna mau ad di guardian kk, oz produk illuminare hanya ad di century. Thanks

      Delete
  3. Maaf kak..belinya di guardian daerah mana kak?
    Setau saya illuminare itu exclusive in century healtcare

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aaaah, thank you for your alert! I wasn't alerted until you said that it was sold exclusively in Century, awalnya aku kira aku beli di Guardian, ternyata benar hanya ada di Century saja.

      Delete
  4. Aku baru aja pesen produk yg sama, ada night and day creamnya juga, gimana hasil nya seelah pake produk ini? And recommended gak buat temen2 yg lain? Hihihi makasih

    ReplyDelete
  5. Aku baru aja pesen produk yg sama, ada night and day creamnya juga, gimana hasil nya seelah pake produk ini? And recommended gak buat temen2 yg lain? Hihihi makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Nitta,

      yang pasti kulit aku jadi lebih supple and moist; kalo soal mencerahkannya sih gak begitu signifikan keliatan sih, cuman tekstur kulitku terasa lebih kenyal dan gak kering. Aku blum coba produk lainnya dari Illuminare, saranku sih coba konsultasi sama BA mungkin dia bisa bantu kasih saran (asal jangan gampang kemakan bujuk rayunya :P )

      Delete
  6. Halo, aku baru make produk ini yg day cream nya, setelah pake jd berjerawat, mbak ada merasa efek yg sama ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, kebetulan waktu aku pake kemaren gak ada efek samping aau jerawatan. Waktu awal memang terasa sedikit gatal karena memang kulitku sensitif, tapi setelah itu tidak ada masalah lebih lanjut.

      Hope ur problem will be solved.

      Delete
  7. Hi ka aku lagi coba produk spot gel untuk acne, semoga hasilnya memuaskan ya. Dan kalo emang ada perubahan, aku mau coba beberapa produk lainnya dari illuminare

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, let me know yah kalo ada perubahan signifikan :) btw, kalau mau mendapat diskon lebih (15%) mungkin kalian bisa mencoba untuk memesan online dari aplikasi Century-nya; aplikasi tsb hanya dapat di download mengikuti arahan staf Century, so gak ada salahnya mencoba

      *bukan endorse* *cuman menginformasikan* *karena baru dapat info dari staf Century* *bukan staf Century* :))

      Delete
  8. Replies
    1. Hi, sampai saat ini belum ada sertifikasi halal-nya, tapi yang pasti menurut staff Century-nya semua produk kosmetik/obat harus memiliki no. POM dari pemerintah sebagai bukti keamanan produk tsb. Kalian bisa cek no. POM Illuminare di kardus/boks masing-masing produk.

      Delete
  9. produk illuminare aman atau tidak ya untuk ibu hamil ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa dikonsultasikan langsung ke dokter ginekolog-nya :)

      Delete
  10. Hei kak yuanita mau ngasih tau aja kak aplikasi buat beli illuminare di century sudah ada di google play store.. namanya apotek century online
    (Bukan promo ya kak cuma sekedar bagi info aja)

    ReplyDelete
  11. I just got the facial wash soalnya aku baru lepas bgt dari perawatan dokter akibat eczema dan super dry skin yang iritasi. Btw lumayan sih setelh dipake ga bikin kering. Kalo moisturizer sama daily creamnya recommended ga say? Soalnya kulitku super super super sensitive. Mau beli cetaphil gaada terus dan berhubung di Century jd lgsg ditawarin Illuminare haha (kemakan promosi).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaa, sorry for super late reply. Setahuku sih Illuminare gak ada Moisturizer dalam rangkaian whitening-nya, hanya Serum (seperti foto di atas), toner/lotion, spot corrector dan facial wash.

      Facial wash nya bagus gak? aku sendiri sih penasaran ama toner/lotion nya :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. sis nafisa gimana cocok ga pake wash iluminarenya? aku jg baru beli, tapi masih agak ragu huhu

      Delete
    4. Moisturizernya ada kak, wujudnya day and night cream. Haha super telat, maap ya kak nebeng jawab

      Delete
  12. aman tidak ya memakai facial wash illuminare dan day moisturizer di usia 13 tahun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kulit wajah kamu sensitif/berjerawat (karna pada rentang usia 13-18 hormon-nya suka mempengaruhi kondisi kulit) lebih baik tanyakan langsung ke apoteker century-nya sebelum membeli, karna illuminare ga punya sample size dan harganya lumayan 'mahal' ketimbang facial wash di pasaran (seperti Ponds dll)

      Delete
    2. Aku juga 13 tahun, dan pakai illuminare. Aku juga sebenernya gatau apa apa tentang produknya, cuman di rekomendasiin sama 'mbak mbak' Century nya hehe. Saran aku sama kayak kak Yuanita, mending konsultasi dulu aja ke apotekernya.. kulit kamu gimana, ada masalah apa, dll.. khawatir gak cocok dan emang harga nya diatas 100.000 semua.

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Aku juga pakai Illuminare, tapi yang khusus untuk jerawatnya. Ada yang Facial Wash dan Salep nya gitu (gatau nama haha). Pkoknya untuk yg khusus jerawat, packaging nya hijau putih. Aku sih recommend produk nya banget. Dan facial wash nya lembut dan kulit aku parah parah parah lembutnya haha.. selama ini pakai yang Ponds dan Biore kulit aku malah perih :( sekarang jerawat udah mendingan dan mau coba produk yang ini. Makasih info nya kak btw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama Jasmine! :) Kebetulan aku juga pingin nyoba facial wash/toner-nya, mungkin butuh waktu untuk tahu hasilnya.

      Delete
    2. Aku juga pakai facial wash nya ka.Lumayan bagus mnurut aku. Dan emg lmbut di pakai nya .Tp balik lagi sam kulit kita nya yah ..Kadng ga sama kan..

      Delete
    3. Aku juga pakai facial wash nya ka.Lumayan bagus mnurut aku. Dan emg lmbut di pakai nya .Tp balik lagi sam kulit kita nya yah ..Kadng ga sama kan..

      Delete
  15. Kak kulit aku berminyak dan banyak bekas jerawatnya nih... pengen nyoba illuminare juga kira2 gimana menurut kakak? Thx b4 blognya rame jadi banyak info

    ReplyDelete
    Replies
    1. On my personal opinion ya... mungkin kamu bisa coba Illuminare varian Hijau-Putih untuk kulit berminyak-berjerawat,karena memang khusus diformulasikan untuk kulit berjerawat.

      Based on my experience, saat ini aku lagi rutin pake Lotion Illuminare Biru-Putih, overall kulitku memang lebih kenyal/lembab tapi gak terlihat lebih cerah secara signifikan sih.

      Semoga bisa membantu :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  16. Sekedar share pengalaman aja. Awal aku pake produk illuminaire itu sekitar 2 - 3 bln lalu, itupun karena kebetulan lagi mampir ke century utk beli obat. Nah pas bayar dikasir, terpampang lah produk ini,dan krn kebetulan juga daily serumku dgn brand lain udh habis bgt jd nah aku cobalah baca keterangan dikemasan produk ini,dan akhirnya cb mutusin untuk beli illuminaire serum brightening. Kenapa hanya beli 1 macem (padahal brand ini ada facial washnya) ?? Krn kebetulan saat itu saya memang hanya butuh serum/ moisturiser aja dan saya bukan tipe cewe yg skincare freak, yg klo beli hrs lengkap A-Z, ada facial washnya lah atau mungkin cream paginya lah atau apanyalah. Pokoknya sy beli yg saya butuhkan pd saat itu, terlebih sy bukan org yg telaten banget rawat kulit, jd klo beli lengkap 1 set tuh koq ya rasanya sayang, krn yg udah2 pasti kepakenya cm 2 minggu awal, selanjutnya jdi pajangan aja dilemari make up.

    Selama krng lebih 2 - 3 bulan ini ini saya pake serumnya itu pagi sebelum make up atau malam sebelum tidur. Dua bulan trakhir ini saya jarang sekali make up (bedakan aja atau foudation + bedakan) dan hanya pake serum itu aja, dan sekedar pake eyeliner dan atau mascara juga lipstick. Saking jarangnyaa make up...sy jdi bisa ngeliat kulit asli saya tekstur dan warnanya spt apa. Dan klo sy perhatikan, mmng ada perubahan, yaitu kulit saya 2 tingkat lebih cerah, gk kusam dan juga kenyal. Krn perubahan itu, akhirnya minggu lalu sy beli lagi illuminaire brightening serum dan makin rutin pake produk ini.

    Sejauh ini, saya sdh pernah coba bbrp produk yg ckup familiar di psaran spt garnier, ponds dan olay, tapi sejauh ini saya rasa dari segi kecocokan dikulit, bau, tekstur produk dan hasil akhir, sy merasa produk ini yg pling cocok dgn kulit saya yg karakternya normal cenderung kering. Saya sih pengen liat hasilnya setelah mencapai bulan ke-6. Kira2 ada perubahan yg signifikan apa gak.

    Tpi kembali lagi, pake produk kosmetik ataupun skincare tuh cocok2an sih ya. Gk brrti kita pake produk yg harganya sela ngit spt SK-II atau yg sejenis trus muka kita jd bagus bgt, cocokan girls.

    Anyway, sekian hasil review dri saya, semoga bermanfaat ya. Selamat mencoba :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks before sarannya. kalau jenis mukanya kering berarti sy lebih baik pake yng wrn kemasannya biru-putih ya?

      Delete
  17. informatif ya para commenters nya. berasal dari pengalaman masing-masing. btw ada yang tau serum nya bisa buat kulit berminyak jerawat ga? :)

    ReplyDelete
  18. Saya pakai illuminare juga.
    Muka yg awalnya mulus, karna salah pakai cream jdx full berjerawat besar2.
    Sy coba pakai product illuminare yg facial wash (Acne Defyer) buat cuci muka. Lalu ditambah yg spot Gel setelah cuci muka utk mengurangi radang jerawat.
    Hasilx 1 bulan pemakaian sdh keliatan. Jerawat sy sdh ilang.
    Untuk bekasx spot2 kecil sisa jerawat bisa dicover pakai concealerx illuminare.
    Skrg 90% sdh clean ni wajah.

    ReplyDelete
  19. Hii aku mau tanya. Aku baru 5 hari pake illuminare yg khusus jerawat dan berminyak. Cuman sejauh ini muncul jerawat bintik. Tidak cocok kah atau memang proses ya ?

    ReplyDelete
  20. Hii aku mau tanya. Aku baru 5 hari pake illuminare yg khusus jerawat dan berminyak. Cuman sejauh ini muncul jerawat bintik. Tidak cocok kah atau memang proses ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sementara stop pemakaian aja dulu, karena sensitivitas kulit orang kan beda-beda. Sepengalaman aku setiap pake Illuminare emang gak bisa dicampur-campur sama brand lain, kadang kulitku juga terasa panas (mungkin reaksi dari kandungan pemutihnya ya, spt Alpha Arbutin ) tapi abis itu gak masalah lagi.

      Delete
    2. Saya tanya ke mbak mbak d century. Dia blg memang semua obt jerawat pasti mengeluarkan jerawatnya dlu. Huhu jdi tkt salah nih 😂

      Delete
    3. Saya tanya ke mbak mbak d century. Dia blg memang semua obt jerawat pasti mengeluarkan jerawatnya dlu. Huhu jdi tkt salah nih 😂

      Delete
  21. Saya dah hmpir 1 thn pake produk illuminare ini dg rangkaian produk lengkap dr serum-night cream jg hot spot corretnya ..awalnya jg mo liat2 produk yg cocok buat ngilangin sedikit flek d bagian hidung..recommended dri mbak susan @century atrium plza senen .. sampai sekarang flekdi hidung hasilnya cukup memuaskan walaupun blom maksimal tp lumayan banget .. produk yg aman biasanya kan hasil yg didapat gak instant..perlu proses..i love illuminare sampai sekarang ..

    ReplyDelete
  22. Sya coba pakai product illuminare yg facial wash (Acne Defyer) buat cuci muka sma moisturizernya tp dimuka saya mlah timbul jerawat bnyak sekali itu apa prosesenya penghilangan jerawat apa memang di kulit saya tidak cocok tp untuk msalah wajah berminyaknya memang sudah mulai berkurang.

    ReplyDelete
  23. Sya coba pakai product illuminare yg facial wash (Acne Defyer) buat cuci muka sma moisturizernya tp dimuka saya mlah timbul jerawat bnyak sekali itu apa prosesenya penghilangan jerawat apa memang di kulit saya tidak cocok tp untuk msalah wajah berminyaknya memang sudah mulai berkurang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo dear, sebelumnya aku berterima kasih karna sudah berbagi pengalamannya, tapi selama ini aku hanya mencoba rangkaian Illuminare Whitening series-nya. Aku belum pernah coba Acne series mereka jadi tidak bisa kasih komentar banyak :(

      Thank you

      Delete
  24. hi mau tanya, saya pakai illuminare facial wash and lotionnya serta beda. sejauh ini jerawat sih mulai hilang. tp kenapa byk beruntusan gitu yah? jerawat kecil2 kayak pasir byk bnr. thx

    ReplyDelete
  25. Hallo, itu namanya Purging. Saya pernah membaca beberapa kasus sperti itu tapi pada orang2 yang menggunakan SK*II Fte... mungkin lebih baik kamu stop dulu pemakaiannya dan cari tahu lebih banyak mengenai purging lagi.

    ReplyDelete
  26. Hi dear..
    Saya juga pakai illuminare ini..
    pakai moisturizer​ sama facial wash nya..
    Daaan kulit terasa kembali sehat..
    Saya sering sekali ganti-ganti produk..
    Sehingga kulit saya sensitive..
    Daaan sekarang cocok pakai illuminare..
    I love illuminare..

    ReplyDelete
  27. Apakah produk illuminare berbahaya buat ibu hamil atau tidak ya

    ReplyDelete
  28. Apakah produk illuminare berbahaya buat ibu hamil atau tidak ya

    ReplyDelete
  29. Oke dari aku lihat review yang ada, aku baru aja pake illuminare, soalnya tadi gak sengaja ke century buat beli acne care brand ya gitulah, aku coba nanya ke mbk mbknya di century, katanya ada ya ini illuminare, awalanya sih ragu mau pake soalnya nanya harganya ya sedikit mahal lah dikantong anak kuliahan, akhirnya aku sedikit ragu tapu aku beli, dari sejauh ini jerawatku perih rasanya, tapi waktu awal di pakai aja, bisa enggak di aplikasiin ke make up?

    ReplyDelete
  30. Mohon bantuan jawabannya, apakah illuminare aman untuk pemakaian ibu hamil muda? Tks

    ReplyDelete
  31. Mohon bantuan jawabannya, apakah illuminare aman untuk pemakaian ibu hamil muda? Tks

    ReplyDelete
  32. Mukaku juga super sensitif stelah stop obat dokter, jd sering iritasi parah kering plus jdi gatel, niat ke century bwt bli obat batuk, mlah di twarin iluminare varian biru putih, agak sedikit ragu sih, seminggu aku coba iritasi mulai ilang, kulit lmbab bngt2, aku juga pke serum dan lotionny...alhmdulillah cocok bngt..klo bwat ibu hamil muda cba konsul sama dr centuryny aj sis, aku pnh tany bwt busui sih masih aman,.

    ReplyDelete
  33. Mukaku juga super sensitif stelah stop obat dokter, jd sering iritasi parah kering plus jdi gatel, niat ke century bwt bli obat batuk, mlah di twarin iluminare varian biru putih, agak sedikit ragu sih, seminggu aku coba iritasi mulai ilang, kulit lmbab bngt2, aku juga pke serum dan lotionny...alhmdulillah cocok bngt..klo bwat ibu hamil muda cba konsul sama dr centuryny aj sis, aku pnh tany bwt busui sih masih aman,.

    ReplyDelete
  34. Mukaku juga super sensitif stelah stop obat dokter, jd sering iritasi parah kering plus jdi gatel, niat ke century bwt bli obat batuk, mlah di twarin iluminare varian biru putih, agak sedikit ragu sih, seminggu aku coba iritasi mulai ilang, kulit lmbab bngt2, aku juga pke serum dan lotionny...alhmdulillah cocok bngt..klo bwat ibu hamil muda cba konsul sama dr centuryny aj sis, aku pnh tany bwt busui sih masih aman,.

    ReplyDelete
  35. Mukaku juga super sensitif stelah stop obat dokter, jd sering iritasi parah kering plus jdi gatel, niat ke century bwt bli obat batuk, mlah di twarin iluminare varian biru putih, agak sedikit ragu sih, seminggu aku coba iritasi mulai ilang, kulit lmbab bngt2, aku juga pke serum dan lotionny...alhmdulillah cocok bngt..klo bwat ibu hamil muda cba konsul sama dr centuryny aj sis, aku pnh tany bwt busui sih masih aman,.

    ReplyDelete
  36. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  37. Assalamualaikum permisi kaka" perkenalkan aku metha, aku mau jual produk illuminare nih terdiri dari refresh facial wash acne defyer (sabun muka) dan moisturizing night gel-creme (cream malam) baru aku pakai 2x isi masih full, aku beli di apotik century dan ada bukti pembayarannya juga. Harga bisa dinego. Bila ada yg berminat bisa hubungi aku ke no 0896-7796-6762
    WA : 0856-1401-505
    Mkasih bnyak kaka 😊😊

    ReplyDelete
  38. Saya baru pake facial wash kurang lebih 5 hari tpi knp kulitnya jd kering seperti pd ngelupas gt apa itu proses atau kulit saya tidak cocok

    ReplyDelete



blogger template by lovebird