Jan 12, 2016

Permata di ujung Utara Jepang: HOKKAIDO (少年よ、大志を抱け)

Apakah kamu masih ingat cerita klasik Ratu Salju, 'Snow Queen', karangan Hans Christian Andersen? Atau pernahkah terbayang merasakan sensasi butiran salju atau balutan misteri aurora seperti berada di buku karangan Yasunari Kawabata, 雪国, 'Yukiguni' ?

北海道

Selamat datang di 'negeri salju' Hokkaido, Jepang. Hokkaido menawarkan keajaiban destinasi wisata budaya dan jelajah alam yang menghadirkan lanskap indah dengan kearifan lokal khas Hokkaido.



Sekilas tentang Hokkaido; Hokkaido adalah pulau terbesar kedua di Jepang dan prefektur paling utara sekaligus terbesar di Jepang dengan ibukota prefektur, Sapporo. Hokkaido didiami oleh penduduk asli bangsa Ainu, yang merupakan cikal bakal orang Jepang modern sejak tercatat di catatan sejarah pada abad ke-6, dengan 3 kota terbesar selain Sapporo, yaitu Hakodate & Asahikawa (sumber: wikipedia)

Sapporo dari kejauhan: sumber

   WHY HOKKAIDO?  
Dengan bentang alam yang berkontur dan letak geografis Hokkaido yang dilintasi lempengan pegunungan aktif maka Hokkaido menyajikan beragam pilihan kegiatan alam (outdoor activity) tanpa batas mulai dari wisata pendakian, jelajah Taman Nasional, pemandian air panas (Onsen), hingga jelajah kota, budaya dan makanan khas Hokkaido yang berbeda dari kota-kota Jepang lainnya. Hokkaido memiliki wajah yang berbeda di setiap musimnya; setiap musim menyajikan warna yang berbeda dan setiap musim pula Hokkaido memberikan kejutan yang berkesan dalam setiap perjalanan harinya.
Bagaimana, Hokkaido sangat menarik bukan? Alasan pribadi saya jatuh cinta dengan Hokkaido bermula dari setting cerita komik 'For The Rose' (薔薇のために) karangan Akemi Yoshimura. Dalam cerita itu Yoshimura-san menggambarkan sebuah kota kecil di penghujung Hokkaido dengan sentuhan classic-european style dan  landscape background yang sangat detail. Sejak saat itu rasanya ingin menjelajahi segala tempat yang digambarkan dalam komik tersebut!! *silakan browse lebih banyak mengenai For The Rose atau Bara no Tame ni jika kalian penasaran dengan komik tersebut, hihihi
Terinspirasi dari Hokkaido

Wajah Hokkaido

   HOKKAIDO IN GLANCE  

Pertama-tama, mari mengenal Hokkaido. Informasi mengenai Hokkaido dapat diakses melalui situs resmi pemerintah Hokkaido (nah, terlalu resmi) atau situs wisata Hokkaido dalam bahasa Indonesia (pilihan tepat!)

Yap, pemerintah Hokkaido sangat membantu dalam memberikan informasi mengenai Hokkaido kepada wisatawan Indonesia dengan menyediakan situs resmi wisata Hokkaido dalam versi bahasa Indonesia agar mudah diakses dan dipahami warga Indonesia yang ingin berlibur ke Hokkaido. Dalam situs tersebut kalian dapat mengakses berbagai hal, seperti:
Klik disini: More About Hokkaido

   WHAT TO DO? 
Next plan, what to do in Hokkaido? No worries.
So many things, so little time (source)

Hokkaido terkenal akan keindahan alamnya terutama saat musim dingin salju, 3 kegiatan yang harus kalian coba ketika berada di Hokkaido pada musim dingin:

SKIING

ONSEN

ANIMAL OBSERVATION

Hokkaido memiliki kekayaan alam yang tidak dapat dijumpai di daerah Jepang lainnya; banyak varietas tumbuhan dan juga binatang yang hanya terdapat di Hokkaido. Pada musim dingin, Hokkaido merayakan malam musim dingin yang panjang dengan kegiataan outdoor seperti skiing, snowboard, etc. Apabila kalian ingin merasakan sensasi outdoor onsen ala Jepang, kalian dapat mencoba untuk berendam di Onsen...dengan monyet! Yes! Jika kalian beruntung, kalian akan melihat Macaque Monkey atau Snow Monkey yang sering terlihat berendam di outdoor Onsen seperti layaknya manusia. Selain itu, jenis monyet ini juga sering terlihat bermain bola salju dengan monyet lain seperti gambar di atas sehingga Hokkaido pada musim dingin sulit untuk dilewatkan. Namun, jika kalian tidak terbiasa dengan musim dingin yang panjang, mungkin kalian bisa mencoba untuk menikmati hamparan padang bunga di Furano pada musim Semi-Panas seperti gambar di bawah.

Selain referensi di atas, kalian dapat mencoba untuk mengeksplorasi kota-kota dan juga budaya/makanan khas mereka lainnya. Secara garis besar, Hokkaido terbagi menjadi 4 bagian: Utara, Selatan, Timur dan Tengah. Setiap area memiliki ciri khasnya masing-masing, 5 kota terbaik versi pilihan penulis antara lain:

1. Sapporo
Ibu kota Hokkaido ini menawarkan pengalaman jelajah kota yang berbeda dengan sajian kuliner ramen dan beer khas Sapporo yang tidak dapat dilewatkan. Selain itu, pada bulan February setiap tahunnya Sapporo menyelenggarakan festival salju 'Snow Festival' yang terkenal di Jepang. Info lebih banyak mengenai Sapporo Snow Festival dapat dilihat disini.

2. Furano 
Furano terkenal akan padang Lavender ala Provence-nya Jepang. Waktu yang tepat untuk mengunjungi Furano flower fields adalah pada bulan Juli ketika bunga Lavender sedang penuh berkembang. Selain itu, diluar bulan Juli, bunga-bunga seperti Poppy, Lily, Sunflower dan Cosmos akan mulai bermekaran hingga akhir September. Tempat terbaik untuk melihat hamparan bunga di Furano adalah Farm Tomita yang menyajikan hamparan bunga luas dengan latar belakang gunung Tokachi di kejauhan. Info lebih lanjut mengenai Furano flower field dapat dilihat disini.
3. Otaru
Sebelah Barat-Laut Sapporo terdapat sebuah kota pelabuhan kecil bernama Otaru yang terkenal dengan kanalnya. Pada jaman kolonialisasi di akhir abad ke-18, Otaru merupakan kota perdagangan hasil laut dan pelabuhan yang memiliki peranan penting sebagai penunjang perekonomian Hokkaido. Maka, tak heran banyak terdapat peninggalan kantor dan gudang tua yang masih merefleksikan kejayaan masa lampau Otaru. Pada bulan February, Otaru dipenuhi turis yang ingin menyaksikan festival cahaya Otaru Snow Light Path Festival yang mewarnai kota Otaru dengan lampu-lampu kecil yang terbuat dari salju & lilin. Selain itu, jangan lewatkan 7 Layers Ice-Cream khas Otaru yang sangat menggugah lidah!

4. Niseko
Niseko merupakan kota ski resort terkenal di Hokkaido. Dengan latar pemandangan gunung Niseko-Annupuri, operator-operator ski di Niseko menawarkan pengalaman bermain ski yang tidak terlupakan baik untuk pemula atau level ahli sekalipun.
5. Daisetsuzan
Mungkin nama Daisetsuzan National Park kurang terdengar di kalangan turis yang ingin berlibur ke Hokkaido, namun tempat ini menawarkan suguhan area pegunungan yang belum banyak terjamah oleh manusia dan masih terjaga keasliannya. Tempat ini merupakan tempat yang cocok untuk outdoor activity, atau melihat salju atau musim gugur pertama di Hokkaido dan juga merupakan habitat kebanyakkan rusa dan beruang cokelat Jepang. Namun jangan khawatir, jika kalian lebih memilih untuk bersantai, wilayah ini menyediakan outdoor Onsen beragam seperti Asahidake Onsen, Kogen Onsen, Sounkyo Onsen, Tokachidake Onsen dan Tenninkyo Onsen. Onsen adalah budaya khas Jepang dengan berendam di mata air panas alami baik di dalam ruangan atau di luar ruangan.
Courtesy: nimar-blume

   WHAT TO EAT?  
Are you confuse with the food? A lot of choices.


Hokkaido terkenal akan hasil lautnya yang melimpah, selain itu Hokkaido juga menyajikan beragam olahan daging merah yang terakulturasi dengan budaya Rusia atau Mongol yang dekat dengan wilayah Hokkaido seperti Genghis Khan.

Nama yang dimaksud di sini bukanlah nama penguasa Mongol yang terkenal akan kekuasaannya melainkan nama olahan makanan yang berbahan dasar daging domba yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan cita rasa daging domba yang kaya dan gurih dengan cara dipanggang/barbecue. Mongolian BBQ ini merupakan makanan khas Hokkaido yang menjadi favorit turis ketika berlibur ke Hokkaido karena selain menggunakan wadah khas berbentuk bulat, bahan olahannya pun dapat digabungkan dengan berbagai macam sayuran seperti tauge, bawang bombay, atau daun bawang.
Sumber (ngeces)


Mana suaranya para Seafood lover~? Hokkaido adalah surga bagi pecinta olahan hasil laut, maka tak heran jika olahan laut merupakan menu wajib yang harus dicoba ketika berada di Hokkaido. Ditangkap langsung dari perairan utara Jepang, hasil laut seperti kepiting, salmon, ikan, cumi-cumi, sea urchin, salmon roe, etc menyajikan cita rasa yang sangat gurih, kualitas terbaik dan pastinya akan menjadi pengalaman santapan seafood yang tidak akan terlupakan. Jika kalian penasaran, kalian dapat mencoba Snow Crab, King Crab, Kanon Crab, etc langsung dari pasar ikan Nijo Seafood Market atau mencicipi olahan jadi di Donburi Yokocho resto. Jika kalian berani, silakan cicipi "Ika Odori Bon atau Dancing Squid menu yang terkenal karena dapat menyajikan cumi-cumi yang dapat menari di mangkuk makan kalian!
Snow Crab *hold breath* (Source)

Kanon Crab, OMG (Source)

Mau... (Source)

I dare you... I DARE YOU TO EAT IKA ODORI BON :))

Selain 2 menu di atas, kalian dapat mencoba Ramen khas Hokkaido seperti Ramen Sapporo (Miso-based broth), Ramen Hakodate (salt-based broth), dan Ramen Asahikawa (Soy-sauce based broth) di Ramen Yokocho. Pada musim panas yang terik, jika kalian mau mencoba minuman alkohol khas Hokkaido, kalian dapat mencoba Sapporo Beer yang menjadi trade-mark kota Sapporo yang terkenal hingga seantero Jepang dan mengunjungi beer museum di Sapporo. Bagi penggemar makanan manis, jangan lewatkan es krim khas Otaru Otaru's 7 layers ice cream yang enak dan kawaiii~ atau Yubari Melon dengan topping ice-cream khas Sapporo! Liburan takkan lengkap jika belum mencoba makanan khas kota tujuan kalian. Untuk referensi kuliner lainnya, silakan cek disini.
Sapporo Beer

Miso Ramen

Soy Sauce Ramen

Salt-brothed Ramen

Otaru's 7 layers ice cream <3

Ice-cream dengan Melon atau Melon dengan Ice-Cream :P

beberapa jam kemudian...


   HOW TO GET THERE?  
Masih banyaaaak hal seru lainnya di Hokkaido, tapi yang harus kalian lakukan pertama-tama adalah: menentukan rencana liburan. Secara garis besar, Jakarta-Hokkaido dapat ditempuh dalam waktu 8 jam 50 menit dengan rute penerbangan yang beragam dan perkiraan 1 kali transit di Tokyo. Setibanya di Sapporo, Hokkaido, kalian dapat menjelajahi kota-kota besar lainnya menggunakan JR train line atau bus. Sebagai orang Indonesia yang tidak pernah merasakan salju *hiks*, saya ingin mengunjungi Hokkaido pada musim dingin, sehingga jangan lupa untuk membawa perlengkapan musim dingin dan pelembab kulit yang cukup untuk menghindari kulit kering.

Namun, jika kalian menginginkan kemudahan perjalanan liburan di Jepang, kalian dapat menghubungi teman perjalanan yang menyenangkan seperti H.I.S. H.I.S. adalah layanan perjalanan travel yang menawarkan beragam pilihan perjalanan individual ataupun group tour untuk tujuan domestik atau international serta beragam produk lain demi memudahkan perjalanan kalian seperti penyewaan wifi di Jepang, asuransi perjalanan, pengurusan visa, JR Pass, dll. Beragam pilihan, bukan?
 
Di Jepang sendiri, HIS sudah berdiri sejak 1980 dan saat ini sudah menawarkan beragam destinasi liburan domestik/international di luar Jepang yang dilengkapi dengan "Skywalker Card" program dan juga H.I.S. gift card "SKY" program.
(Produk/Program di atas hanya berlaku pada program H.I.S Japan)

Selanjutnya, pada tahun 2016 ini, HIS bekerja sama dengan ANA (All Nippon Airways) merancang khusus program wisata yang mudah dan menyenangkan untuk wisatawan asing yang datang ke Jepang dengan menghadirkan paket penerbangan domestik + akomodasi yang Murah Meriah dan masuk diakal yang di mulai dari (start point) Tokyo atau Osaka yang dinamakan HAnavi. Sangat menarik 'kan?

H.I.S. Indonesia kini dapat disapa di Facebook page mereka, Official Website ID, atau bahkan di Line page!


Salah satu mimpi saya adalah berlibur ke Jepang (walaupun bekerja di kantor Korea dan sudah pernah sekali ke Jepang tapi hanya transit saja :"< ), oleh karena itu saya akan berusaha mewujudkan mimpi saya! Selagi masih muda dan banyak kesempatan di sekitar kita, tidak ada salahnya mewujudkan keinginan dan mimpi yang belum tercapai (mengunjungi setting komik 'For The Rose', yes!) dengan usaha dan kemampuan sendiri. Sekali lagi, terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa di Hokkaido ya~! ;)

*Jangan lupa klik di banner/image di bawah ini yah ^^ *pesan sponsor

#H.I.S. Winter Tour
Ikuti Present Campaign HIS Winter Tour Blogging Competition
Klik di gambar atas~

Tulisan ini dibuat sebagai bentuk partisipasi Blog Competition yang diadakan Kawaii Beauty Japan & H.I.S Travel Indonesia. Terima kasih atas perhatiannya dan doakan saya menang ya! ^^ Oh ya, arti bahasa Jepang di judul post ini adalah motto Hokkaido University, "Boys, be ambitious."

1 comment:

  1. dari dulu sampe sekarang kota dan negara yang ingin ku kunjungi jepang

    ReplyDelete



blogger template by lovebird