Oct 26, 2015

Kanarie Cafe Bogor

Time Travel


Perjalanan ke Bogor tidak pernah ada habisnya. Selalu ada sesuatu yang baru atau sekedar kunjungan kembali ke masa lampau. Sepanjang jalan Ahmad Yani Bogor menawarkan sejuta sisa kenangan masa Belanda yang berdiri kokoh dalam balutan rumah bergaya Art-Deco khas Belanda namun tak ayal ada juga yang sudah menggantinya dengan bangunan modern baru yang dikemas dalam bentuk urban cafe.

Hanya segelintir yang masih mempertahankan struktur lengkap fondasi dan juga aspek historis-sentimental rumah bekas peninggalan Belanda, salah satunya Kanarie Cafe. Tak banyak info mengenai bangunan bekas Belanda ini, namun suasana khas Belanda masih dipertahankan dengan balutan furniture kayu jati, dominasi interior putih, dan kusen pintu-jendela dengan ukuran besar sebagai jalur ventilasi alami.

Namun kali ini Kanarie Cafe menawarkan perpaduan suasana masa dulu dengan balutan makanan khas Indonesia yang simple. Cafe ini menawarkan masakan khas Purwakarta (Jawa Barat) sate Maranggi; sate daging sapi yang dibakar di atas arang. Selain itu, terdapat pula kulinari lokal lainnya seperti Sop, Ayam & Bebek Goreng/Bakar hingga cemilan khas lokal seperti Pisang Goreng atau Cireng dengan harga yang bersahabat.


MENU
 Nasi & Ayam Goreng
 Nasi & Sate Maranggi Daging-Lemak
Pisang Bakar Cokelat-Keju
Jus Sirsak

INTERIOR

EXTERIOR
Bangunan ini berdiri di atas lahan luas sekitar 1.000 M persegi. Fondasi luar bangunan masih berdiri kokoh dengan perbaikan ulang di beberapa bagian dan halaman depan yang sangat luas. Bahkan rumah ini memiliki bangunan terpisah dari bangunan utama di depan yaitu berada di bagian sayap belakang yang berfungsi sebagai bangunan tambahan. Kini, bangunan tambahan di belakang hanya berfungsi sebagai dapur dan mess karyawan kemudian bangunan utama sebagai ruangan cafe.

Kanarie Cafe ini menawarkan suasana khas Belanda tempo doeloe dengan balutan makanan khas Indonesia. Harga menu yang ditawarkan sangat bersahabat (dan tidak dikenakan pajak restoran pula) sehingga cocok untuk jamuan makan bersama keluarga dan orang tua; seperti kunjungan saya dengan Tante yang masih berjiwa muda ini. Namun, jika anda mencari menu makanan continental/asing dengan variasi yang beragam, maka cafe ini tidak dapat menjawab ekspetasi anda. Dari segi Interior, cafe ini memberikan suasana yang terasa sejuk dengan sirkulasi udara yang lancar dan tidak terasa sumuk atau kusam karena dominasi warna putih yang memberikan suasana yang tenang dan terang. Cafe ini cocok dikunjungi pada siang-sore hari atau saat anda ingin menghindari keramaian khas urbanisasi kota dan kembali merasakan segelintir suasana masa lalu.

Kanarie Resto Sate Maranggi
Jl. Ahmad Yani 76, Tanah Sareal, Bogor
P. 0251-8321 606

1 comment:

  1. cool and stylish blog !

    here are my links and if you like to follow just follow and leave me your links aswell and I'll
    follow back!



    -Visit my Blog-

    | Facebook | LOOKBOOK| IG@suvarna_gold | Bloglovin
    | Advertise your blog
    kiss from Germany

    ReplyDelete



blogger template by lovebird