Feb 24, 2016

LT Pro: Make-up pilihan MUA Salon

Another Indonesian Make-up Product. Mungkin judulnya terasa 'hyperbole' ya, tapi apakah kalian sadar kalo produk LT Pro banyak digunakan oleh mayoritas MUA salon?


Jujur, saya pribadi adalah tipe wanita yang suka penasaran dengan produk makeup baru dan tergoda beli barang yang sebenarnya sedang gak dibutuhkan banget -_- Suatu hari, saat sedang iseng mampir (sekalian cuci mata) di Toko kosmetik grosir langganan di pusat perbelanjaan *itu loh, yang SPG tokonya gak kalah heboh dengan SPG di department store* *ketahuan deh sering nongkrong di ITC* sambil perhatiin wanita disebelah saya yang sedang meng-list ulang belanjaannya yang numpuk seabrek dan agak nutupin area belanja saya *udah kayak proyek MRT nutupin jalan*. Dengan cuek dan muka tebel, saya iseng nanya ke SPG kosmetik yang sedang melayani :

Saya (Pengunjung Toko yang Rese) : "Banyak amat belanjaannya, segitu banyak buat dijual lagi yah mbak?" 
SPG (Mbak SPG menor yang rada judes) : "Gak, biasanya buat dipake sendiri. Dia kan (kerjanya) di salon; sekalian rias penganten ama rias wisuda juga.
Saya : "Segitu banyak? (Dengan penekanan. Pake kunci G-mayor)" 
SPG : "Iya. Biasanya kalo salon belinya banyak trus 1-2 bulan lagi balik belanja yang udah habis."
Saya : "Yang dibeli biasanya apa aja?" 
SPG : "Macam-macam. Biasanya beli perawatan wajah, rambut atau Sari Ayu, La Tulipe, LT Pro, Wardah, tergantung yang mana yang dibutuhin. Mbaknya cari apa yah?"

Nah, berhubung masih penasaran dan paling males kalo SPG-nya udah mulai nawarin ini-itu sambil  diprospekin beli produknya, alhasil saya coba browsing sendiri aja di internet. Dari beragam produk yang dijual grosir di ITC, saya sendiri masih awam dan 'baru melek' dengan produk LT Pro. Sebenarnya, apa sih LT Pro dan kenapa banyak mbak-mbak salon beli produknya?

Salah satu hasil seminar LT Pro ibu Novi Arimuko *kereeen*

Berdasarkan hasil investigasi *ala Roy Surem* di dunia maya, LT Pro itu merupakan singkatan dari "La Tulipe Professional"; Yup benar, LT Pro merupakan 'saudara' dari produk lokal La Tulipe di bawah lisensi dan pengawasan PT Rembaka. Apabila La Tulipe lebih mefokuskan produk perawatan kulit & wajah, maka LT Pro lebih mengutamakan produk makeup professional berkualitas untuk event spesial dengan harga yang bersahabat. LT Pro sering mengadakan event, seminar atau makeup competition skala nasional yang salah satu pesertanya diikuti Ibu Novi Arimuko seperti foto di atas.

Daripada diprospek & dijudesin mbak-mbak SPG, capek datangin langsung toko/counter kosmetik di department store/ITC dan masih penasaran dengan range harga produk LT Pro di pasaran, kalian bisa browsing rangkaian produk LT Pro yang sekarang sudah banyak beredar di internet sekalian cuci mata gratis seperti yang saya sering lakukan. Hehe

Dari sekian banyak rangkaian produk LT Pro yang dipasarkan, ada 3 produk yang menarik perhatian saya (semoga ada yang mau kasih gratis atau sponsorin seminar makeup gratis deh. Amen) :

1. Powder Blush Palette
Pemerah pipi yang mengandung:

  • Micronized powder sehingga tekstur lebih creamy dan halus.
  • Senyawa ester dari sunflower oil yang berfungsi sebagai pelembab.
  • Vitamin E yang berfungsi melembabkan dan anti oksidan.

Setiap case terdiri dari 8 macam warna. Tersedia warna pelembut dan warna penetral.
Tersedia dalam bentuk refill.

Palet blush-on, contouring dan highlighting powder yang terdiri dari 8 warna ini memiliki pilihan warna yang tergolong 'safe' dan natural. 4 warna pada barisan atas memiliki warna dasar rosy atau pink dengan 1 highlighting color di sebelah kiri atas (PB01) sedangkan 4 warna pada barisan bawah memiliki warna dasar orange-brown yang dapat digunakan untuk shading atau sebagai natural blush-on. Selain warnanya cocok untuk makeup sehari-hari, palet ini tergolong ekonomis karena sudah terdapat 3 produk dalam satu palet: blush-on, counturing, dan highlighting powder. Produk ini menawarkan 7 matte blush-on dan counturing powder, 1 shimmering powder (PB01) untuk produk seharga IDR 275.000 ini. Contoh photo dan review mengenai palette powder blush-on LT Pro dapat dilihat disini.

2. Velvet Matte Lipstick 106 Nude Brown
Lipstick dengan olesan matte pada bibir. 
  • Mengandung pelembab Shea Butter dan Astrocaryum Murumuru Seed Butter yang berfungsi sebagai moisturizer.
  • Mengandung Ethylhexyl Methoxycinnamate untuk melindungi bibir agar bibir tidak tampak kehitaman.
  • Mengandung Silica yang berfungsi sebagai Soft Focus Effect sehingga pori-pori dan kerutan-kerutan di wajah tidak begitu tampak.
  • Mengandung Vitamin E, Vitamin A, dan Ascorbyl Palmitate sebagai nutrisi dan antioksidan

Another neutral pick. Dari segi ekonomi, palette lipstick LT Pro terlihat lebih menggiurkan dengan beragam pilihan warna dalam satu kemasan, namun karena tekstur lipstick individual ini cenderung matte, maka wish-list jatuh pada velvet matte lipstick ini. 106 Nude Brown terlihat cocok untuk pemakaian sehari-hari baik acara formal atau casual dengan warna nude brown dan sedikit hint warna merah bata yang cocok untuk kulit warm-tone. Kemasannya terlihat 'simple' namun menegaskan kesan elegan dengan desain tube yang mirip daun semanggi berdaun-4; sedikit mirip dengan kemasan Shiseido Perfect Rouge Lipstick. Untuk swatch atau photo review beauty blogger lain masih belum banyak ditemui karena Velvet Matte ini baru saja diluncurkan 2015 kemarin dengan kisaran harga IDR 95.000. Namun kalian dapat melihat salah satu review berikut dan commercial ad Velvet Matte di video Youtube di bawah ini.

LT Pro Velvet Matte CM

3. Shade & Tint Kit 02
Khusus dibuat untuk koreksi bentuk wajah.
  • Satu kemasan terdiri dari 1 warna gelap dan 1 warna muda.
  • Pemakaian dengan kombinasi dari warna tua dan warna muda akan menyempurnakan penampilan wajah.
  • Mengandung Moisturizer Sun Flower Oil Ester
  • Tersedia dalam 3 seri pilihan No. 01, 02, 03
Jujur aja, istilah Shade & Tint Kit ini 'aneh' menurut saya: kalau biasanya brand lain menawarkan perpaduan blush-on/counturing/highlighting powder dalam satu kemasan, namun Shade & Tint Kit ini menawarkan counturing dan tint powder dalam kombinasi 1 warna gelap dan 1 warna muda? Pertanyaan pertama saya: Tint powder itu apa? Apakah sama dengan Highlighting powder? hahaha *toyor diri sendiri*. Kit seharga IDR 110.000 ini memiliki 3 pilihan warna dari yang paling gelap hingga warna paling terang 01, 02, & 03 seperti terlihat di foto bawah. Namun, untuk kulit medium-kuning seperti saya, warna 02 terlihat lebih cocok untuk digunakan.
Overall, shading kit ini memiliki perpaduan seimbang antara warna gelap (counturing) yang memiliki tekstur matte dan warna terang (tint) yang memiliki tekstur shimmering didalamnya. Saya memilih kit ini karena masih awam dalam dunia shading & contouring. Jika kalian masih penasaran mengenai tekstur, pigmentasi, dan swatch masing-masing nomor, kalian bisa lihat review lain disini Kit 01, Kit 02 dan Kit 03.
Dari 3 produk wish-list di atas tadi, ada satu produk yang kelihatannya lumayan populer di kalangan beauty blogger lain, produk itu adalah 'LT Pro Perfecting Eye Color' (foto di atas). Palette 10 warna ini memiliki 2 jenis tekstur powder berbeda yang dikemas dalam 2 kemasan palette yang berbeda pula yaitu Matte & Shiny. Sekilas palet ini mirip dengan palet sejuta umat 'Sleek' dengan kemasan dan pilihan warna yang hampir mirip.

Sejauh ini, produk LT Pro yang sudah pernah saya coba dan rasakan sendiri *azeg* baru liquid eyeliner-nya; teksturnya pekat dan tahan lama namun kurang suka dengan kemasannya yang mirip piramida. Lalu, apakah sudah terjawab alasan produk LT Pro populer di kalangan mbak/MUA salon? (Mungkin) selain harganya bersahabat dan mudah didapatkan di toko-toko kosmetik terdekat, kualitas LT Pro tidak jauh berbeda dengan produk luar negeri. Selain itu, LT Pro keliatannya sukses re-branding image mereka pada tahun 2015 kemarin dengan konsep produk mereka yang terlihat lebih elegan dan marketing yang lebih menarik. Jika dilihat dari hasil seminar atau makeup competition yang sering diadakan LT Pro, keliatannya mereka memang tidak main-main dalam menghasilkan produk berkualitas untuk MUA professional seperti MUA pernikahan atau wisuda, agar hasil makeup-nya sedikit 'menor' dan kelihatan (cantik) sewaktu difoto seperti foto di bawah :D
Photo Courtesy ibu Novi Arimukto

Bagaimana dengan kalian? Apakah tertarik mencoba produk LT Pro atau bahkan tiba-tiba kepikiran untuk beralih profesi menjadi MUA Professional untuk event special seperti pernikahan atau wisuda? Saya pribadi sih dengan senang hati akan mengikuti seminar untuk MUA professional kalo bisa gratis atau disponsorin :P Maaf yah jadi ajang curhat, hahaha. How about you? Tell me your opinion on comment below.

No comments:

Post a Comment



blogger template by lovebird