Oct 8, 2015

ALL ABOUT EYEBROWS: Review

A well-groomed and polished eyebrow helps to define and framing your face. Let the brows game begin.


Tahun 2014 lalu merupakan tahun kejayaan bagi alis tebal dan sedikit berantakan seperti Cara Delevigne, alis tebal minimalis yang merupakan ciri khas girl band Korea atau dandanan para Ulzzang juga mendapatkan tempat di antara para wanita seantero Indonesia. Namun beberapa wanita juga terlihat dengan dandanan khas ala 'sulam alis' atau bahkan 'tato alis' yang memiliki lengkungan tajam menukik ke atas lengkap dengan ujung alis yang lancip. Selain membahas mengenai bentuk-bentuk alis yang populer, saya akan menjabarkan jenis-jenis produk khusus alis mata dan juga tips lainnya yang dapat membantu untuk membentuk (framing) wajah anda.
Alis mata memiliki fungsi dan aspek yang penting untuk membingkai wajah; setiap orang memiliki jenis rambut alis dan bentuk yang berbeda bahkan beberapa wanita memiliki kesulitan dalam 'menjinakkan' alis mereka agar dapat terlihat harmonis dengan keseluruhan penampilan. Tanpa kita sadari, kita selalu dihadapkan dengan standar kecantikan alis yang mutlak yang sulit untuk diabaikan; alis melengkung naik tajam dengan ujung yang lancip seperti yang dipopulerkan KD. Bahkan beberapa wanita terobsesi dengan tipe alis 'sayap elang' menukik tajam tersebut hingga berbondong-bondong menuju ke salon sulam alis / tato alis karena ingin mendapatkan alis 'kekinian' dengan instan dan permanen. Masalahnya, tidak semua orang cocok dengan standar alis yang ditentukan masyarakat. Like, hello, alis alami kita terbentuk untuk menyesuaikan bentuk wajah kita, sehingga kita hanya perlu menyesuaikan agar terlihat rapi dan cocok dengan bentuk wajah bukan mengubah secara total. Sehingga kamu harus tahu bentuk alis seperti apa yang cocok dengan bentuk wajahmu.

Alis juga memiliki trennya sendiri. Ada beberapa bentuk alis yang populer di kalangan wanita Kaukasia/bule *aduh, ini jabarinnya gimana ya? :"D* dan wanita asia terutama kalangan wanita berwajah oriental atau bahkan melayu. Singkatnya, wanita kaukasia menyukai alis yang tebal & lurus namun sedikit tidak beraturan seperti yang terlihat pada Cara Delevigne atau bentuk melengkung tajam seperti yang dimiliki Gigi Hadid (bentuk ini dapat membantu 'mengangkat' mata sayu seperti mata Gigi).

Sedangkan, mayoritas wanita Asia/oriental menyukai bentuk alis lurus dengan lengkungan minimal yang dapat dilihat pada dandanan khas Ulzzang ala Pony MUA atau alis dengan tone/warna alis yang 1 tingkat lebih terang dari warna rambut mereka yang terlihat pada dandanan Gyaru ala artis Jepang, Rola.
WESTERN

X

EASTERN

TEKNIK
Di samping tren yang disebut di atas, ada pula tren tersendiri yang populer di kalangan wanita urban Indonesia dengan lengkungan tajam yang terbentuk melalui proses 'sulam alis' atau 'tato alis' yang banyak ditawarkan oleh salon sulam alis dengan teknik tertentu. Teknik ini menghasilkan alis buatan (artificial) yang dapat tahan lama, semi-permanent, dan bahkan dapat dibentuk sesuai permintaan pelanggan. Seperti contoh yang terlihat di bawah.
Namun, beberapa orang terlihat 'lebay' dengan prosedur ini O_O Alis mereka terlihat 'fake' dan sangat berlebihan. Saya sendiri tidak mengerti mengapa mereka suka membentuk alis mereka secara berlebihan. Terkadang, 'less is good'.
Kenali dirimu, dan juga wajahmu. Selain mengenali bentuk wajahmu, kalian juga harus mampu mengenali bentuk alis yang cocok dengan bentuk wajah kalian. Kalian dapat memperolehnya melalui beragam teknik seperti teknik semi-permanen sulam alis di atas, threading atau plucking/tweezing.
Selain sulam alis, ada pula teknik pembentukan alis menggunakan benang atau threading; yang berfungsi merapikan bulu bulu halus dan tidak beraturan di luar bentuk alis. Teknik ini memerlukan keahlian khusus sehingga lebih baik jika kalian melakukannya di salon. Teknik ini  cocok untuk kalian yang memiliki alis yang tebal dan tidak beraturan, tapi jika ingin merapikan bulu-bulu halus yang tidak beraturan kalian juga dapat menggunakan teknik threading ini atau  tweezing.
Tweezing atau plucking adalah teknik pembentukkan alis yang paling mudah (namun sakit) yang sering ditemui dan digunakan oleh pemula. Jika kalian ingin hasil yang semi-permanen yang mudah dengan hanya menggunakan alat bantu seperti pinset (tweezer) ditambah kalian ingin melakukannya sendiri di rumah, maka proses ini adalah salah satu jawabannya dengan efek samping rasa sakit tujuh turunan-delapan tanjakan :))
Can't stand on the pain? Cukuran bisa menjadi jawabannya. Yang kalian butuhkan hanya alat cukur alis yang tajam, bantuan pola dan bedak bayi untuk meredakan peradangan (bila terjadi). Proses ini biasanya lebih dipilih para pemula, terutama untuk menghindari rasa sakit walaupun hasil akhirnya kurang tahan lama dan rambut halus yang tumbuh kembali akan terlihat kasar.
Jika kalian sulit membentuk alis sendiri di rumah, tidak mau merasakan sakit dan ingin mempertahankan bentuk asli tanpa mengurangi apa pun, maka alat bantu pembentuk alis yang dinamakan 'stencil' merupakan pilihan aman. Cara penggunaannya seperti yang ditunjukkan diagram di atas, kalian hanya perlu mengikuti pola yang sudah tersedia dan merapihkannya sesuai bentuk yang diinginkan tanpa perlu membuang atau menggunting rambut alis.

Berikut chart yang dapat membantu untuk mendapatkan bentuk alis yang sesuai. You're welcome.
Another tips. Bagi sebagian orang, tips di bawah ini mutlak hukumnya, bagi saya merupakan tips tambahan.

PRODUK UNTUK ALIS
Bagaimana dengan produk kosmetik untuk alis?

Selama ini kita hanya mengetahui pensil alis, sebut saja keluaran Viva Cosmetic. Namun, jauh di luar sana beragam produk ditawarkan dengan bentuk, tekstur dan warna yang sangat beragam. Penasaran? Let's hop on to the review.

1. Powder
Powder disini merupakan tekstur produknya. Untuk wadah, terbagi lagi menjadi 2 kategori yaitu; pensil alis & powder-case. Bahkan pensil alis terbagi lagi dalam 2 varian: classic pencil & automatic pencil. Pensil alis keluaran Viva Cosmestic & Shu Uemura: Hard Formula merupakan legenda  karena hasilnya pigmented namun tidak mudah luntur. Untuk automatic pencil, saya pribadi selalu jatuh hati pada Etude House Drawing My Eyebrow & The Face Shop Design My Eyebrow keluaran Korea. Sedangkan untuk powder in case yang terkenal nun jauh di Jepang sana adalah eyebrow powder keluaran Kate by Kanebo, eyebrow ini digemari wanita Jepang karena memiliki 3 gradasi warna dalam satu case, sehingga memudahkan mereka bereksplorasi dengan alis mereka. Dari segi tekstur, jenis produk ini sangat mudah digunakan sehingga menjadi primadona bagi mereka yang masih pemula *tsah*, beberapa produk memiliki warna yang cukup pigmented sehingga hasil akhirnya terlihat natural. Namun, beberapa produk memiliki daya tahan yang kurang bagus; mudah luntur pada suhu yang panas dan tidak tahan keringat atau minyak wajah.
2. Cream/Wax
Tekstur krim ini kurang populer terutama kalangan pemula dan wanita yang masih belum terbiasa dengan tekstur ini, karena teksturnya yang pekat dan pigmented sehingga sekecil apa pun kesalahan yang terjadi akan mudah terlihat. Saya pribadi kurang suka dengan tekstur ini, selain alasan yang disebut di atas juga karena saya tidak punya banyak waktu berdandan di pagi hari. Namun, produk ini biasanya lebih tahan lama karena tekstur krim yang awet ditambah dengan variasi yang ditawarkan beberapa produk yang menyertakan eyebrow powder untuk memberikan aksen 'penuh' pada bulu alis atau biasa kita sebut eyebrow kit.
3. Gel
Inovasi yang patut dicoba, tekstur gel terbagi lagi menjadi dua kategori: ada yang berupa transparent gel & creamy-colored gel. Sama halnya dengan krim, tekstur gel ini mudah memperlihatkan kesalahan dalam pemakaian namun sangat cocok untuk bulu alis yang tipis dan jarang. Biasanya tekstur gel dikemas dalam wadah maskara sehingga pemakaiannya pun hampir sama dengan pemakaian maskara. Produk eyebrow mascara sangat populer dikalangan wanita Jepang & Korea, bahkan pernah diulas disini. Namun, ada pula gel yang dikemas dalam wadah tube sehingga harus menyiapkan alat tambahan berupa spoolie or slanted brush. Akan tetapi kombinasi tube & brush/spoolie ini terkesan sangat repot dan kurang cocok jika kalian terburu-buru di pagi hari.
 Transparent Gel Eyebrow

Mascara Eyebrow

4. Pomade
Berbeda dengan krim, pomade memiliki kandungan wax atau air yang banyak sehingga memberikan hasil akhir yang slick & shiny. Produk ini juga tahan lama dan smudge-free sehingga cocok jika kalian menginginkan hasil yang tahan lama. Pigmented dan hasil akhirnya mirip dengan sulam alis. Namun, produk ini kurang cocok untuk pemula, sama halnya dengan creamy eyebrow, memerlukan ketelitian sangat tinggi untuk meminimalisir kesalahan. Selain itu, harus menyediakan alat tambahan seperti spoolie/slanted brush karena biasanya dijual terpisah/tidak disediakan oleh produk pomade-nya.

EYEBROW TOOLS
Tidak perlu repot memiliki semua jenis alat untuk alis, yang terpenting adalah kalian tahu kebutuhan kalian dan memiliki alat-alat yang essential saja. Berikut jenis alat-alat untuk alis yang dapat ditemui dipasaran dan wajib kalian miliki.
Dual-ended brush
Tweezer
3 alat di atas adalah alat yang wajib kamu miliki untuk membentuk alis di rumah. Kalian hanya perlu merapikan bentuk asli alis kalian dan jika perlu membuang rambut yang terlihat berantakan. Namun, jika kamu sudah membentuk alis kamu oleh tenaga profesional (sulam alis, etc), maka kamu hanya perlu mengikuti saran dan petunjuk perawatan yang diberikan oleh mereka.

THIS IS MASTER-PIECE: Courtesy of Candice Chen Review

Remember, less is good. Everything that is overly  done is not good; over-plucking is a big-mistake and over-groomed is a big-NO NO. These are some memes to enlight your eyebrow wisdom, Eyebrow Meme. Amen

PETUAH BIJAK

Source: Brikasia, Beautypointofview, Alodita, All About Brows

6 comments:

  1. ABH Brow Wiz, Sleek Makeup Powder & Wax Kit itu andalan aku untuk bikin alis hehehe.. tapi aku lebih suka style Western.. sampai sekarang aku malah bingung banget kalo disuruh buat alis straight ala alis-alis korea (T___T). Kalo kamu apa favorite product eyebrow nya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk saat ini masih Etude House Drawing My Eyebrow sama Canmake Coloring Eyebrow, mbak. Mau beli Shu Uemura masih mikir2 karena yg drugstore product banyak yang bagus.
      Nah, aku malah bingung bikin alis yang western style mbak, ujung-ujungnya malah agak tebel dan straight ala Korea --" hahaha

      Delete
  2. Thanks for ally our tips darling
    I have all the products that you mention because for me the eyebrows
    are super important.xx

    www.sakuranko.com

    ReplyDelete
  3. Eyebrow is part of my face that I like most. Bisa menghabiskan waktu lama kalo membentuk alis but its fun. Aku suka bgt coba ganti2 model alis yg dirasa sesuai buat bentuk wajahku krn kebetulan alisku tebal n cepat tumbuhnya. Dulu suka alis ala Korea tp skrg lg suka alis ala sulam yg terkesan tegas. Pensil alis favorit masih viva tp kadang pake eyeshadow dark brown kalo lg ga keburu waktu. Nice review as usual ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Dita, thank you for stopping by, dear :)
      Iya, aku baru ngeh kalo orang2 suka ala sulam alis karena terkesan tegas ya, selain itu bantu 'lifting' mata sayu seperti western style ala Gigi. Produk Viva juga bagus, cuman aku stop make Viva karena alasan klasik; malas ngerautnya -_- semoga review ini ngebantu kamu ya :)

      Delete



blogger template by lovebird